z57

Wajib Tau, Inilah Banyak Fungsi Hardisk Eksternal

Bagi sebagian orang yang suka mendownload, upload, maupun menyimpan berbagai macam file yang memiliki ukuran besar, tentu saja mereka mengerti jika menyimpannya di harddisk internal komputer tidak akan bisa cukup. Oleh sebab itu, sebagian besar mereka lebih memilih membeli hardisk eksternal agar bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan tersebut.

Fungsi Hardisk Eksternal

Salah satu alasan banyak orang yang lebih memilih membeli hardisk eksternal yaitu fungsinya yang cukup banyak dan pastinya juga penting. Berikut ini adalah fungsi hardisk eksternal yang perlu anda ketahui.

1. Menyediakan Ruang Ekstra

Menyediakan ruang penyimpanan ekstra yang diperlukan merupakan fungsi utama dari hardisk eksternal. Apabila ruang hardisk yang ada di komputer anda tidak bisa digunakan untuk menyimpan tambahan data yang lebih banyak lagi, maka sebaiknya anda memiliki hardisk eksternal.

Baca Juga  5 Handphone dengan Kamera Terbaik dan Hasil Yang Maksimal 2021

Sesudah itu, anda bisa mempunyai lebih banyak lagi ruang penyimpanan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data tambahan. Entah itu file yang berupa dokumen, gambar, video, dan lain sebagainya.

2. Menyimpan File Lama

Jika anda semuanya mempunyai file yang sudah lama tersimpan pada komputer selama bertahun-tahun namun anda belum ingin untuk menghapusnya, maka hardisk eksternal ini bermanfaat sekali untuk backup file-file itu. Karena, bisa jadi file-file yang sudah lama itu nantinya akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. Lalu sekarang anda tidak perlu merasa khawatir file-file tersebut terhapus dengan tidak sengaja.

Apabila anda menyimpan file-file tersebut di harddisk eksternal, maka kemungkinan file bisa terhapus akan kecil sekali. Kemudian untuk space kosong yang bertambah pada hardisk internal komputer anda dapat dimanfaatkan lagi untuk menyimpan file-file yang baru.

3. Backup Data Yang Penting

Sebagian besar dari pengguna komputer biasanya lupa membuat cadangan maupun duplikat atau backup-an dari data yang mereka miliki. Nah, hal seperti ini bisa saja menjadi masalah, apalagi itu melibatkan file atau dokumen yang sifatnya penting. Apabila data yang penting tersebut sampai terhapus dan anda tidak mempunyai cadangan, tentunya ini akan sangat merepotkan anda semuanya.

Baca Juga  HP cepat panas? kenali penyebab dan solusinya

Jika tidak tersedia ruang yang ada di komputer anda atau anda ingin mencoba menyimpan data tersebut pada tempat penyimpanan yang lain, maka anda sangat dianjurkan untuk memilih hardisk eksternal ini.

4. Bermanfaat dan Mudah Dibawa

Hardisk eksternal memiliki ukuran yang lebih kecil, lebih ringan, serta lebih portable jika dibandingkan laptop. Sehingga bisa lebih mudah dibawa kemana-mana dan dapat ditempatkan pada tas yang ukurannya kecil. Ini tentunya sangat praktis dan bisa memudahkan anda semuanya untuk mengakses file yang tersimpan menggunakan komputer lainnya.

5. Penyimpanan Untuk Menyalin serta Mentransfer File

Hardisk eksternal bisa bermanfaat apabila mempunyai sejumlah file yang disalin dari satu komputer. Sebab, apabila memakai flashdisk tentunya tidak memungkinkan. Hardisk memiliki kapasitas besar yang sangat bermanfaat. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa fungsi hardisk eksternal yaitu sebagai tempat penyimpanan akhir. Maka dari itu, jangan sampai dialihfungsikan secara terus menerus seperti hardisk internal. Sebab, apabila fungsinya dipaksakan, maka hardisk eksternal bisa menjadi cepat rusak.

Baca Juga  Cara melacak HP hilang dengan Google ADM, rekomendasi 2021

 

SUMBER: https://oyimedia.com/fungsi-hardisk-eksternal-yang-perlu-anda-ketahui/