z66

Tips Mudah Menggunakan Mendeley untuk Daftar Pustaka

Software atau aplikasi Mendeley dikenal sebagai salah satu aplikasi wajib yang digunakan bagi para mahasiswa, akademisi, hingga dosen sebagai aplikasi khusus untuk menyusun sitasi atau pengutipan karya ilmiah dan daftar pustaka.

Begitu praktis dan cukup mudah untuk digunakan sehingga nggak mengherankan jika aplikasi ini justru digunakan sebagai aplikasi utama dari sejumlah kampus dan lembaga penerbitan jurnal untuk menyusun daftar pustaka dan kutipan ilmiah.

Apa Itu Mendeley?

Mendeley merupakan software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu kamu untuk mengatur penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online, dan mencari publikasi penelitian terakhir.

Mendeley yakni salah satu software manajemen referensi yang berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung beragam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux.

Versi terbaru dari Mendeley juga telah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel.

Baca Juga  Cara Melihat dan Update Android Versi Terbaru

Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian.

Kerennya lagi file-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan-catatan dengan sticky notes atau highlight.

Untuk perihal sitasi dan daftar pustaka tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, OpenOffice atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis.

Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero. Selain itu Mendeley merupakan salah satu cara membuat daftar pustaka di Word.

Kelebihan dari Mendeley

Kalau kamu masih ragu menggunakan Mendeley, kamu mungkin perlu mengetahui sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Mendeley. Terutama untuk menulis daftar pustaka yang benar agar diterima dosen.

Apalagi kelebihan dari aplikasi Mendeley ini disebut yang paling terbaik dan mudah dibandingkan sejumlah aplikasi yang serupa. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Mendeley.

  • Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan mulai dari penulis, judul, tahun dan Penerbit.

  • Kita dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang mengandung kata yang kita cari.

  • Setiap file yang kita tambahkan di dalam program Mendeley ini dapat diketahui detailnya otomatis secara lengkap tanpa harus kita tambahkan satu persatu.

  • Bagi kamu yang memiliki akun Mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di komputer dan sewaktu-waktu dapat diakses dimana pun dan kapanpun asal ada jaringan internet.

  • Dengan fasilitas web importer kamu dapat menambahkan file ke Mendeley tanpa mengunduh file hanya dengan cara menghubungkan file secara online saja.

Cara Menggunakan Mendeley Mengintegrasikan Microsoft Word

Membahas cara menggunakan Mendeley sebagai aplikasi pengatur daftar pustaka, pertama-tama kamu perlu untuk mengintegrasikan Mendeley dengan Microsoft Word, geng.

Baca Juga  Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam Laptop/PC

Adapun caranya kamu perlu untuk memasang atau instal plugin tertentu yang disediakan oleh Mendeley untuk menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word. Berikut ini langkahnya.

Langkah 1 – Tutup atau Jangan Buka Microsoft Word

Pastikan software MS Word tidak aktif atau tidak terbuka.

Langkah 2 – Install Microsoft Word Plugin

Pilih Install Microsoft Word Plugin dari menu Tools. Jika MS Word masih terbuka maka akan muncul jendela permintaan untuk menutup MS Word.

Langkah – 3 Tunggu Notifikasi Instalasi Sukses

Setelah plug-ins terinstal maka akan muncul jendela pemberitahuan bahwa instalasi sudah berhasil dengan baik.

Cara Menggunakan Mendeley Memasukkan Referensi

Setelah Microsoft Word dan Mendeley sudah sukses terintegrasi, maka selanjutnya adalah memasukkan sitasi ke dalam karya tulis ilmiahmu, geng.

Memasukkan pengutipan ke dalam karya ilmiah, tentu kamu perlu untuk memiliki data karya ilmiah atau referensi yang sudah dimasukkan ke dalam Mendeley terlebih dahulu.

Caranya pun cukup mudah, semudah memasukkan watermark pada Microsoft Word untuk skripsi loh. Berikut ini adalah caranya.

Baca Juga  Cara Mudah Menampilkan Layar HP ke PC atau Laptop

Langkah 1 – Tentukan Referensi yang Ingin Dimasukkan

  • Pastikan dulu kamu memiliki file PDF dari jurnal atau artikel yang akan kita jadikan referensi.
Langkah 2 – Buat Folder
  • Agar memudahkan dalam manajemen referensi, buatlah folder dengan cara klik create folder. Kemudian namai folder tersebut dengan kebutuhan.

Langkah 3 – Masukkan Referensi

  • Masukkan file PDF dengan cara drag file PDF ke aplikasi Mendeley. Kamu juga bisa langsung drag file secara bersamaan.
Langkah 4 – Cek Ulang Data Referensi yang Diunggah
  • Pastikan data yang masuk ke Mendeley adalah benar, kamu bisa klik dua kali untuk membuka file tersebut.

  • Cek ulang apakah data referensi di kotak samping kanan Mendeley sudah sesuai atau belum. Kamu juga bisa mengedit data referensi tersebut apabila kurang tepat.

     

SUMBER: https://jalantikus.com/tips/cara-menggunakan-mendeley/