ASURANSI

Panduan Lengkap Untuk Memilih Asuransi Jiwa

Asuransi sebagai salah satunya pilar dari keuangan individu yang pantas diperhitungkan oleh tiap rumah tangga. Bahkan bisa saja termasuk penting untuk mayoritas keluarga. Tetapi demikian, meskipun disajikan demikian beberapa pilihan tipe dan keringanan langkah pengajuan permintaan asuransi, masih tetap ada beberapa ketidaktahuan, bahkan juga kebimbangan, sekitar asuransi jiwa.

Kemungkinan ini disebabkan karena kesukaran dari ide asuransi jiwa, keterangan dari petugas asuransi tersebut, atau sekedar hanya kecondongan bawah sadar untuk menghindar topik apa saja yang bersinggungan dengan kematian kita. Namun, bila dipersenjatai dengan info yang pas, Anda bisa sederhanakan proses ambil keputusan dan datang di opsi yang terbaik untuk Anda satu keluarga.

1. Pahami alasan Anda mengajukan permohonan asuransi

Asuransi jiwa direncanakan untuk menyiapkan keluarga dengan keamanan keuangan sesudah kematian pasangan atau orang-tua. Disamping itu, asuransi jiwa bisa memberi ketenangan pemikiran untuk pemegang polis. Pelindungan asuransi jiwa bisa menolong bayar angsuran rumah atau property, ongkos kuliah, mengongkosi periode pensiun, memodali peninggalan, dan sebagai kunci dari rencana perumahan.

Itu penyebabnya asuransi jiwa penting untuk anak-anak dari keluarga dengan sumber pendapatan tunggal, tetapi juga akan penting untuk pasangan yang tidak bekerja.

Bila Anda sebagai penanggungjawab pada beberapa orang lain secara keuangan, Anda memerlukan asuransi jiwa. Nyaris harus hukumnya bila Anda mempunyai pasangan menikah atau orang-tua dengan anak-anak yang tergantung pada keuangan Anda. Tetapi Anda pun kemungkinan membutuhkan asuransi jiwa bila Anda sebagai pasangan berpisah, anak dari orang-tua yang tergantung pada Anda, saudara/i kandungan dari orang dewasa yang tergantung pada Anda, seorang karyawan, pemilik usaha, atau partner usaha.

Baca Juga  Cara Menghitung Biaya Premi Pada Asuransi Kendaraan

Bila Anda pensiun dengan keadaan keuangan konstan atau berdikari secara keuangan, dan tidak ada faksi yang hendak alami kesusahan keuangan bila Anda wafat, karena itu Anda tak perlu asuransi jiwa. Bagaimana juga, Anda kemungkinan bisa menimbang ajukan permintaan asuransi jiwa sebagai alat keuangan vital.

2. Tentukan jumlah cakupan biaya yang Anda perlukan

Jumlahnya uang yang hendak diterima oleh keluarga atau ahli waris Anda sesudah kematian Anda disebutkan dengan claim Death Keuntungan. Simpelnya, untuk tentukan perkiraan kasar dari banyak Death Keuntungan Anda dengan mengalikan delapan upah tahunan Anda.

Langkah yang lain ialah, mengalikan penghasilan tahunan Anda dengan beberapa jumlah tahun yang masih ada saat sebelum keuntungan pensiun Anda bisa mulai dipanen.

Sistem yang lebih detil dengan menambah perkiraan ongkos bulanan keluarga yang diperlukan seperginya Anda. Janganlah lupa untuk mengikutkan 1x ongkos mengurusi proses kematian dan ongkos bersambung, seperti uang sekolah anak atau credit rumah. Mengambil keseluruhan ongkos bersambung dan untuk dengan 0,07. Ini memperlihatkan Anda akan inginkan untuk mendapatkan penghasilan uang sekitaran 7% tiap tahun untuk dapat tutup ongkos bersambung itu. Tambah hasil itu ke jumlahnya uang yang Anda perlukan untuk tutupi ongkos satu-kali, dan Anda akan memperoleh prediksi angka kasar berapa banyak Anda yang Anda perlukan untuk asuransi jiwa.

Baca Juga  Manfaat Asuransi Jiwa

Yang harus diingat, perhitungan kasar semacam ini sekedar hanya memberi bayang-bayang. Memakai prediksi ini, bagaimana juga, akan menolong banyak saat Anda diwajibkan berunding dengan agen asuransi professional di dunia riil.

3. Menentukan polis yang tepat

Sesudah Anda ketahui seberapa banyak lingkup ongkos yang Anda butuhkan, Anda mulai dapat pikirkan tipe polis asuransi terbaik untuk penuhi keperluan Anda.

Polis ialah kontrak di antara perusahaan asuransi jiwa dan faksi pemohon (atau terkadang benda, misalkan dana perwalian) yang mempunyai kebutuhan keuangan dalam kehidupan dan kesejahteraan seseorang. Perusahaan asuransi akan kumpulkan premi dari pemegang polis dan membayar claim sesudah kematian Anda. Beda jumlah di antara premi yang ditabung dan yang dikeluarkan untuk membayar claim ialah keuntungan punya perusahaan.

Ada dua opsi polis: asuransi termin life atau asuransi permanent life. Perbedaannya:
Termin life, alias asuransi berjangka, ialah yang paling simpel dan umum diketemukan. Perusahaan jiwa membuat peraturan premi berdasar kemungkinan jika faksi Tertanggung (Anda sebagai pembayar premi) akan mati dalam periode waktu tertentu, berdasar pengecekan kesehatan — biasanya 10, 20, atau 30 tahun. Premi ditanggung untuk sejauh periode saat yang diputuskan, sesudahnya ongkos polis jadi terlampau tinggi untuk dipertahankan atau Anda biarkan lenyap. Ini memiliki arti Anda memungkinkan untuk membayar premi sepanjang beberapa puluh tahun dan tidak pendapatk keuntungan apa saja. Berita baiknya, maknanya Anda masih baik saja dan menaklukkan “takdir” vonis mati yang ditetapkan oleh faksi perusahaan.
Asuransi jiwa tetap, direncanakan memakai penghitungan waktu kematian yang serupa dengan asuransi termin life, tetapi meliputi proses tabungan. Proses ini, kerap ditunjuk sebagai “nilai tunai”, direncanakan untuk menolong polis tahan lama.

Baca Juga  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Selainnya termin dan permanent life, ada banyak tipe polis lain di pasar. Direferensikan untuk Anda mengeksploitasi beberapa pilihan sesaat akan menguatkan hati.

4. Bijaksana memilih perusahaan asuransi

Anda ingin pastikan Anda pilih perusahaan asuransi yang bisa memberikan dukungan Anda secara konstan, dan yang hendak menginvestasikan premi Anda dengan arif buat membayar claim dari pemegang polis. Sebaiknya untuk mempelajari secara detail dan memperbandingkan semua sarana dan keuntungan dari opsi perusahaan asuransi Anda, misalkan Accidental Death dan Dismemberment Keuntungan (AADB, asuransi tambahan yang hendak memberi santunan bila faksi Tertanggung alami kecelakaan maut yang mengakibatkan kematian, atau cidera berat yang melumpuhkan — seperti cedera bakar atau kehilangan peranan organ/anggota badan karena kecelakaan).

Alternative yang lain, Anda dapat konsultasi dengan konselor keuangan yang dapat menolong menimbang semua factor keuangan Anda, keperluan Anda, dan keperluan keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *