asuransi

Cara Menghitung Biaya Premi Pada Asuransi Kendaraan

Alat transportasi ialah poin penting untuk Anda yang perlu melakukan aktivitas ke arah tempat yang jauh dari rumah. Khususnya alat transportasi benar-benar diperlukan untuk orang yang hidup di beberapa kota besar, seperti misalnya di Jakarta. Walau alat angkutan umum di Jakarta telah makin baik, tetapi mempunyai kendaraan individu ialah suatu hal yang diperlukan untuk keringanan melakukan aktivitas.
Saat Anda mempunyai kendaraan, tentu Anda akan jaga keadaan kendaraan Anda supaya selalu baik dan pantas gunakan. Salah satunya wujud pengamanan yang bisa Anda kerjakan ialah lewat asuransi kendaraan motor. Produk asuransi ini jamin tiap rugi atau kerusakan pada mobil atau motor Anda.

Alasan Pentingnya Asuransi Kendaraan

 

1. Membuat perlindungan dari Risiko Perampokan Kendaraan
Harga membeli kendaraan motor tidak murah, jadi sudah tentu Anda akan jaga supaya kendaraan Anda masih tetap aman dan masih tetap jadi punya Anda. Tapi bencana dapat terjadi ke siapa, kapan pun, dan dimanapun. Walau telah mengawasinya sebegitu rupa, risiko perampokan kendaraan ada selalu . Maka, yang dapat Anda kerjakan untuk jaga kendaraan Anda dari risiko perampokan dengan asuransi kendaraan. Bila kendaraan Anda dicuri, pihak asuransi akan memberi beberapa dana yang besarannya sesuai ketetapan dari pihak asuransi.
2. Membuat perlindungan dari Risiko Kerusakan Kendaraan
Kadang, walau Anda sangat waspada saat menyetir kendaraan Anda, tetap dapat terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan besar atau kecil. Seberapapun kecilnya imbas kecelakan itu, biaya untuk membuat kembali seperti sebelumnya memerlukan uang yang cukup banyak. Tetapi karena ada asuransi kendaraan, biaya itu semakin lebih murah dibanding harga pasaran.
3. Membantu Anda Bertanggung Jawab Pada Pihak Ke-3
Saat terjadi kecelakaan yang mengikutsertakan pihak ke-3 , umumnya Anda akan kesusahan dalam melawannya dan memerlukan uang yang besar untuk memberi tanggung-jawab padanya. Anda akan memerlukan biaya untuk hukum dan professional. Jika Anda mempunyai asuransi kendaraan motor, pihak asuransilah yang akan menggantikan tanggung-jawab Anda atau pengendara Anda bila terjadi kecelakaan itu . Maka Anda tak perlu pusing dan bayar mahal untuk bertanggungjawab.

Berapakah Besar Biaya Preminya?

Semua manfaat asuransi kendaraan motor ini bisa Anda alami asal Anda ingin membayar premi pada pihak asuransi. Besarnya harga premi yang Anda bayarkan berdasar pada beberapa pertimbangan, yakni:
1. Jenis dan harga Kendaraan
Hal pertama kali yang diperhitungkan saat sebelum tentukan biaya premi asuransi kendaraan ialah Jenis kendaraan Anda. Jenis kendaraan biasanya dibedakan jadi 3 tipe, yakni kendaraan non bus dan non truk, kendaraan bus dan truk, dan kendaraan beroda 2. Pembagian berdasar jenis kendaraan ini berlaku untuk produk asuransi Total Loss Only (TLO) dan All risk.
Setelah selesai mengelompokkan jenis kendaraan, harga kendaraan jadi pertimbangan sebelum akhirnya biaya premi asuransi Anda ditetapkan. Harga kendaraan kan digolongkan ke sejumlah kelompok. Makin mahal harga kendaraan Anda, makin mahal premi yang perlu Anda bayarkan.

Baca Juga  Lebih Dulu Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

2. Wilayah Pertanggungan
Sesudah mempertimbangkan jenis dan harga kendaraan, wilayah pertanggungan ialah pertimbangan berikutnya. Wilayah pertanggungan dipisah jadi 3 bagian, yaitu wilayah 1 yang meliputi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Bengkulu, dan Jambi. Wilayah 2 meliputi Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Bogor, Purwakarta, Karawang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, dan Banjar. Dan Wilayah 3 meliputi daerah-daerah yang tidak tercakup pada daerah 1 dan 2. Pertimbangan ini berlaku untuk produk TLO dan All Risk.

3. Umur Kendaraan
Hal paling akhir ialah umur kendaraan Anda saat masuk ke asuransi. Fasilitas dan aturan asuransinya berbeda bergantung pada masing-masing perusahaan asuransi. Makin tua umue kendaraan Anda, umumnya harga preminya semakin lebih mahal. Seperti ketentuan yang diputuskan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu ada tambahan 5% /tahun untuk tiap kendaraan yang telah berusia di atas lima tahun dan cuman berlaku untuk tipe asuransi All Risk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *