ASURANSI

Cara Claim Asuransi Kendaraan, Mudah!

Tipe Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kerugian untuk kendaran bermotor tidak bisa dipisahkan sekarang ini, khususnya di kota kota besar di Indonesia. Untuk mereka yang beli kendaraan secara credit khususnya mobil, sudah tentu akan termasuk asuransi kerugian didalamnya.
Satu kendaraan motor tidak selama-lamanya dilindungi oleh asuransi. Umumnya asuransi kendaraan motor cuma akan memberi perlindungan 1-2 tahun saja.
Asuransi kendaraan motor secara automatis cuma berlaku pada kendaraan baru terutamanya mobil yang dibeli secara credit . Maka jangan berharap asuransi kendaraan motor akan kamu peroleh jika kamu beli kendaraan second.

Tipe asuransinya sendiri terdiri dari 2 tipe
Asuransi All Risk
Asuransi TLO (total loss only)
Untuk kendaraan beroda 2, biasanya cuma bisa asuransi TLO, dan beroda 4 atau lebih dapat memilih salah satunya.
Lalu bagaimanakah langkah claim asuransinya? Detil dari tiap claim untuk ke-2 asuransi itu ialah seperti berikut.

Langkah Claim Asuransi Mobil All-Risk

Asuransi mobil all-risk ialah asuransi yang hendak memikul semua resiko yang kemungkinan terjadi mencakup semua tipe kerusakan, baik pada rasio yang enteng atau berat, bahkan dengan kehilangan unit.
Tetapi, ada banyak hal yang tidak dijamin oleh asuransi tipe ini, kamu dapat baca selengkapnya mengenai asuransi all-risk di sini.

Baca Juga  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Berikut cara klaim all-risk seperti berikut:
Lampirkan photo kerusakan, membuat urutan secara tercatat, atau bertandang ke bengkel sebagai rekanan asuransi yang kamu pakai.
Bila sedang ada di luar kota, kamu dapat mengontak agen asuransi dan bercerita persoalan hingga mereka dapat mereferensikan bengkel tertentu di kota itu.
Isi formulir claim yang ada di bengkel yang telah diberi tanda tangan dengan materai dan menyertakan syarat yang lain, beberapa perusahaan telah memberi sarana lewat online (aplikasi atau website mereka) untuk online submission.
Bila semua lengkap, pihak bengkel akan lakukan verifikasi ke perusahaan asuransi. Jika mendapatkan persetujuan, mobil kita yang hancur akan segera diproses pengerjaannya.
Jika kecelakaan melibatkan pihak ke-3 , kamu bisa juga ajukan claim asuransi, tentu saja ini karakternya tambahan ya. Ongkos tambahan ini tentu saja akan jaga penanggung-jawab dari pihak ke-3 itu.
Langkah claim asuransi mobil pihak ke-3 hampir sama, kamu dapat menambah bukti photo dan surat info dari pihak ke-3 berkaitan rugi yang dirasakan.

Baca Juga  Lebih Dulu Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Langkah Claim Asuransi TLO (Total Loss Only)
Asuransi mobil TLO (total loss only) cuma akan menyetujui claim bila mobil alami kerugian total.
Indikatornya ialah kerusakan yang dirasakan sekurang-kurangnya capai 75% dari harga pasar kendaraan itu atau alami tindak perampokan.
Umumnya, kamu memperoleh asuransi TLO otomatis bila beli mobil secara credit. Tetapi, kamu juga bisa membelinya sendiri bila membeli mobil secara tunai.

Berikut cara untuk claim asuransi TLO:
Bila mobil yang diasuransikan hilang, proses claim dengan diawali membuat laporan kehilangan lebih dulu di kantor polisi tempat kejadian.
Kamu akan disuruh untuk menulis kronologi tertulis dari peristiwa itu.
Jangan lupa untuk bawa semua dokumen syarat seperti KTP, SIM, STNK dan BPKB (bila ada). polis asuransi dan surat laporan kehilangan.
Sampaikan document itu ke perusahaan asuransi (lewat online atau offline)
Persyaratan Claim Asuransi Kendaraan
Saat sebelum ajukan claim mobil yang hancur atau hilang, kamu perlu mempersiapkan beberapa document, salah satunya:
Formulir claim yang telah berisi komplet dan diberi tanda tangan
Polis asuransi berbentuk asli dan foto copy
Foto copy SIM, STNK, dan KTP
Bukti laporan kepolisian bila mobil alami kerusakan berat karena kecelakaan atau kehilangan
Urutan peristiwa secara tertulis
Beberapa foto kerusakan seperti, lecet, penyok dan sebagainya

Baca Juga  Manfaat, Tipe dan Tips Memilih Asuransi Rumah

Jika kecelakaan yang terjadi mengikutsertakan pihak lain atau pihak ke-3 dan Anda siap bayar ganti kerugian, karena itu Anda perlu mempersiapkan syarat-syarat berikut:

Surat pernyataan yang memperlihatkan gugatan ganti rugi dari pihak ke-3 , yang disebut agunan jika pemegang polis sebagai pemicu kerusakan yang dirasakan oleh pihak ke-3 . Janganlah lupa tambahkan meterai dalam surat ini.
Surat pengakuan yang mengatakan jika pihak ke-3 tidak mempunyai asuransi. Surat ini dibutuhkan karena karena umumnya pihak asuransi kendaraan malas menukar pihak ke-3 yang mempunyai asuransi kendaraan.
Foto copy SIM, KTP, dan Surat anda Nomor Kendaraan (STNK) pihak ke-3 .
Surat info dari kepolisian yang mengatakan jika pada tempat dan waktu tertentu memang terjadi kecelakaan.

Janganlah lupa persiapkan ongkos claim atau ongkos dijamin sendiri (own risk) untuk claim yang kamu sampaikan. Ongkos ini sekitar Rp 250-350 ribu bergantung dari tiap perusahaan asuransi, pastikanlah kamu tahu ini ya Sahabat Keuanganku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *