asuransi jiwa

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ialah satu kontrak kesepakatan di antara pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayar beberapa uang pertanggungan bila terjadi resiko kematian pada pihak pemegang polis asuransi. Asuransi jiwa terhitung salah satunya instrument penting dalam rencana keuangan. Tetapi seperti secara umum, beberapa orang yang berasa takut ‘rugi’ saat beli asuransi, ucapnya premi mahal, proses claim sulit, manfaat tidak maksimal, dan yang lain. Walau sebenarnya manfaat asuransi jiwa banyak dan asuransi pada intinya memang berperan untuk perlindungan, tidak untuk cari keuntungan seperti investasi. Untuk menghindar ‘kerugian’ yang ditakuti itu, kamu memang seharusnya betul-betul memerhatikan ketetapan atau pasal-pasal yang tercantum dalam polis asuransi.

Menurut data Biro Pusat Statistik, 9 dari 10 wanita di Indonesia gantungkan hidup dari pasangannya. Ini tentu saja akan berpengaruh fatal bila terjadi musilah pada suami dan istri tidak mempunyai perlindungan keuangan untuk membiayai kehidupan seterusnya. Survey kelanjutan dari BPS itu mendapati jika 60% istri yang suaminya meninggal dunia harus menurunkan standar gaya hidup. Tentu saja, kita tidak ingin ini terjadi kan? Karena itu wajib untuk mempunyai asuransi jiwa.

Manfaat Asuransi Jiwa:

Baca Juga  10 Jenis Asuransi yang Harus Diketahui

Melindungi ahli waris

Asuransi memanglah tidak dapat menahan musibah terjadi, tetapi dapat meminimalkan besarnya rugi keuangan. Asuransi jiwa bisa di-claim saat tertanggung alami musibah, misalnya dalam musibah wafat. Beban biaya yang muncul saat tertanggung meninggal dapat diringankan dengan uang asuransi yang dikasih ke ahli waris yang sudah dipilih.

Mencegah terjadi kerugian yang besar

Saat mempunyai asuransi jiwa, hal tersebut memiliki arti sama dengan menahan rugi besar karena musibah. Satu contoh paling nyata yang bisa jadi terjadi ialah kecelakaan yang bisa membuat badan lumpuh. Secara otomatis, kamu tidak bisa bekerja dan memperoleh pendapatan dalam waktu lama. Asuransi akan berperan sebagai penanggung rugi yang terjadi. Besar uang yang hendak diberi, sesuai polis yang sudah disetujui.

Rasa aman

Tidak ada sesuatu hal yang pasti di dunia ini. Sehat, sakit, lahir, bahkan juga kematian kadang menjadi sebuah misteri yang tidak dapat diprediksikan kapan bisa terjadi. Karena itu, asuransi jiwa ialah jalan keluar untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi.

Baca Juga  Asuransi Kesehatan Terbaik

Investasi dalam asuransi

Sekarang ini, kamu dapat manfaatkan asuransi sebagai investasi, yang memiliki arti kamu bukan hanya bayar premi untuk asuransi saja, tetapi dapat sekalian melakukan investasi, hingga uang pertanggungan yang dapat dikasih ke ahli waris akan ditambahkan dengan hasil investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *