nataru

Larangan Pemerintah Saat Libur Nataru, Mulai dari Larangan Cuti sampai Libur Sekolah

Selain memutuskan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia, pemerintah akan menambahkan peraturan pengetatan sepanjang masa libur Natal dan Tahun Baru atau libur Nataru.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan beberapa tambahan pengetatan khususnya yang terkait dengan potensi kerumunan, dimulai dari acara pesta tahun baru, pelaksanaan peribadatan, sampai peluang tutup tempat wisata yang susah dikontrol oleh pemda di tempat.

“Semuanya nanti akan kita tertibkan. Kalau perlu, nanti kalau ada tempat wisata yang pemerintah daerahnya tidak bisa mengendalikan, ya, ditutup,” ujar Muhadjir dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Ahad, 21 November 2021.

Peraturan status PPKM Level 3 ini mulai berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021. Nantinya semua daerah di Indonesia, baik yang sudah status PPKM Level 1 dan 2 akan disamaratakan menerapkan peraturan PPKM Level 3. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus Covid-19 karena dampak dari masyarakat yang masif sepanjang momen libur panjang tersebut.

Baca Juga  Bulog Siapkan 200.000 Ton Beras Untuk Bansos

Larangan Cuti-Kegiatan Masyarakat

Pemerintah larang ASN, TNI, Polri, BUMN sampai karyawan swasta ambil cuti selama libur natal dan tahun baru. sementara pekerja/karyawan disarankan untuk tunda ambil cuti sesudah natal dan tahun baru.

“Pelarangan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan karyawan swasta selama periode libur Nataru,” bunyi poin g angka 1 Inmendagri tersebut.

Disamping itu acara pernikahan dan semacamnya dilaksanakan sama sesuai ketentuan PPKM Level 3, aktivitas seni budaya dan olahraga dihilangkan sementara mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Dan penutupan semua alun-alun, mulai 31 Desember 2021-1 Januari 2022

Sekolah Dilarang Beri Libur Khusus

Pemerintahan menghimbau ke sekolah untuk tidak memberi libur khusus pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ini berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Begini imbauan pada sekolah:
1. pembagian rapot semester 1 (satu) pada bulan Januari 2022; dan
2. tidak meliburkan secara khusus pada periode libur Nataru

Baca Juga  Cek Selengkapnya, Pemerintah Perpanjang Bansos Saat PPKM darurat

Pemprov DKI Pertimbangkan SIKM Saat PPKM Level 3

Pemerintah provinsi DKI Jakarta sekarang ini sedang mempertimbangkan masalah pemberlakukan surat ijin keluar masuk (SIKM) sepanjang masa PPKM Level 3 Nataru mendatang. SIKM berlaku sesuai rencana PPKM, yakni mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

“SIKM akan kita pertimbangkan. Belum diputuskan. Semua dalam pembahasan, dialog, diskusi, karena ini cuma 1 minggu, memang ini harus diputuskan. Akan segera kami umumkan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/11/2021) pagi.

Pemerintah provinsi DKI menpertimbangkan aturan yang lain selain SIKM. Yakni berkaitan peluasan ganjil genap di periode PPKM tingkat 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *