tahun baru

6 Negara yang Tidak Merasakan Tahun Baru, Mana Saja?!

Tahun baru jadi perayaan yang dirayakan secara besar. Karena mungkin tahun baru dipandang seperti lambang keinginan baru hingga beberapa orang berasa semangat untuk menyambutnya. Karena sangat semangatnya, beberapa negara bahkan juga mempunyai perayaan tahun baru yang fantastis.

Tanggal 1 Januari kemungkinan benar-benar spesial, tetapi realitanya tidak seluruhnya negara rayakan tahun baru lho! Berikut 6 negara yang tidak rayakan tahun baru di tanggal 1 Januari.

Arab Saudi

Sebagai negara Islam, Arab Saudi mempunyai ketentuan yang cukup berlainan dengan umumnya negara dunia terhitung untuk masalah tahun baru. Di negara raja Salman ini, rayakan tahun baru ialah hal yang dilarang.

Dan larangan ini bukanlah cuman untuk tahun baru, tetapi juga hari valentine. Alasannya karena tahun baru dan hari valentine bukan sisi dari syariat Islam. Bahkan juga di 2 hari ini, polisi akan memeriksa dan pastikan jika tidak ada toko yang jual atribut tahun baru dan valentine seperti kembang api, terompet atau suatu hal yang berupa hati warna pink dan merah sebagai lambang valentine.

Baca Juga  Bansos Token Gratis PLN Diperpanjang

Disamping itu untuk Arab Saudi, tahun baru tidak jatuh pada bulan Januari tetapi pada awal bulan Muharram yang disebut bulan dalam kalender Islam.

IRAN

Sama dengan Arab Saudi, Iran mempunyai kalender sendiri hingga tidaklah aneh bila beberapa perayaan jatuh dihari yang lain dari banyak orang. Di Iran tahun baru disebutkan Nowruz dan tidak jatuh di tanggal 1 Januari tetapi 21 Maret.

Pada hari Nowruz, beberapa orang Iran rayakan dengan kenakan pakaian tradisionil dan mengucapkan syukur ke Tuhan Yang Maha Esa. Perayaan Nowruz sendiri sebagai salah satu adat warisan kebudayaan Iran kuno dan telah berjalan sejak 3.000 tahun lalu.

INDIA

Banyak orang India memanglah tidak rayakan tahun baru di tanggal 1 Januari. Tetapi sebagai gantinya mereka banyak memiliki perayaan tahun baru dalam setahun. Salah satunya negara yang banyak memiliki kebudayaan, orang India mempunyai ketidaksamaan dalam soal tahun baru.

Dalam kalender India, tahun baru semestinya dirayakan di tanggal 22 Maret. Tetapi tidak semua turut rayakan. Orang yang tinggal di wilayah Kerala misalnya, mereka rayakan tahun baru pada tanggal 13 April. Hal yang sama berlaku untuk banyak daerah yang lain mempunyai perayaan tahun baru pada tanggal yang lain.

Baca Juga  BPNT Cair, Berikut Cara Cek Daftar Penerimanya

VIETNAM

Perayaan tahun baru di Vietnam disebutkan Tet. Selain namanya yang beda, tahun baru dirayakan pada tanggal berlainan. Tet umumnya dirayakan di akhir Januari atau awal Februari.

Saat Tet, orang Vietnam yang tinggal dikota akan pulang daerah untuk habiskan waktu dengan keluarganya. Adat yang lain ialah tukar kado yang dilakukan antara anggota keluarga dan beberapa orang terdekat.

BANGLADESH

Di negara ini, tahun baru disebutkan Bengali dan dirayakan di tanggal 14 April. Pada hari Bengali, beberapa orang akan bangun pagi lalu mandi dan menggunakan baju terbaik mereka. Sesudah makan pagi, orang Bangladesh akan ke taman dengan keluarga dan rekan-rekan untuk rayakan Bengali.

Umumnya perayaan berisi pawai, menyanyi, menari, sama-sama mengobrol atau lakukan apa saja yang membahagiakan untuk habiskan waktu bersama. Walau demikian, tanggal 1 Januari masih tetap jadi hari liburan nasional di Bangladesh.

CHINA

Chinese New Year atau disebutkan Imlek, umumnya jatuh di antara 21 Januari sampai 21 Februari. Untuk rayakan tahun baru, masyarakat Tionghoa akan berkumpul dan makan malam bersama.

Baca Juga  Mensos Surati Langsung Panglima TNI, Perihal Bantuan Salah Sasaran

Mereka bersihkan rumah untuk terhindar nasib buruk pada tahun yang baru ini. Lain dengan tahun baru 1 Januari di mana umumnya yang rayakan ialah orang dewasa, perayaan tahun baru imlek jadi perayaan favorite anak-anak di mana mereka akan menghasilkan uang keberuntungan yang ditempatkan ke amplop merah dan disebut angpao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *