bansos

Selain PKH, Berikut Daftar Bansos Cair November 2021

Beberapa bansos / bantuan sosial akan diberi pemerintah sepanjang bulan November 2021 ini untuk masyarakat miskin buat hadapi penekanan ekonomi karena wabah Covid-19. Apa bantuan sosial yang hendak cair di bulan November 2021?

Baca Juga  Manfaat Asuransi Kesehatan

Berikut daftar bantuan sosial yang hendak cair di bulan November 2021 ini, dan langkah memeriksanya. Langkah check bantuan sosial di bulan November 2021 ini dapat dilaksanakan lewat cara online.

Bansos PKH Klik Disini

Bantuan sosial bulan November 2021 ini datang dari bansos reguler yang ada pada tanggung-jawab Kementerian Sosial (Kemensos), atau kontribusi khusus yang diberi saat wabah Covid-19, seperti kontribusi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sampai Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca Juga  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Bantuan sosial yang cair di bulan November 2021

Bantuan sosial yang cair di bulan November 2021

1. Diskon listrik PLN

Daftar bantuan sosial pertama kali yang masih cair bulan November 2021 ini ialah potongan harga listrik PLN. Pemerintah pastikan akan perpanjang potongan harga bantuan listrik sampai tahun akhir.

Untuk pelanggan kelompok rumah tangga dengan daya 450 VA, akan mendapatkan bantuan sosial berbentuk potongan harga listrik 50 %. Sementara, rumah tangga dengan daya 900 VA akan mendapatkan bantuan sosial potongan harga listrik sejumlah 25 %.

2. Kuota belajar Kemendikbud

Daftar bantuan sosial ke-2 yang cair bulan November 2021 ini ialah paket belajar Kemendikbud. Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberi kontribusi paket belajar yang diteruskan tiap tanggal 11-15 tiap bulan sampai November 2021.

Berikut rincian besaran bantuan sosial paket internet yang diberi:

Bantuan sosial paket internet untuk pelajar PAUD: 7 GB /bulan
Bantuan sosial paket internet untuk pelajar SD, SMP, dan SMA: 10 GB /bulan
Bantuan sosial paket internet untuk pendidik PAUD dan SD-SMA: 12 GB /bulan
Bantuan sosial paket internet untuk mahasiswa dan Dosen: 15 GB /bulan

Yang menerima bantuan kuota paket data tahun 2021 ditetapkan berdasar pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah diverifikasi dan divalidasi.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Daftar bantuan sosial ke-3 yang hendak cair bulan November 2021 ini ialah PKH. Bansos untuk PKH ditujukan untuk yang menerima manfaat keluarga miskin, yang anggota keluarganya mempunyai: Ibu hamil dan anak umur dini 0-6 tahun Anak yang tempuh pendidikan SD, SMP, atau SMA/sederajat Lanjut usia umur 70 tahun ke atas dan penyandang disabilitas berat.

Berdasar situs PKH Kemensos, pada November 2021 pendistribusian bantuan sosial PKH masuk tahapan keempat.

4. BPUM atau BLT UMKM

Daftar bantuan sosial ke-4 yang hendak cair bulan November 2021 ini ialah Bantuan Produktif Usaha Micro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) UMKM. Pemerintah lewat Kementerian Koperasi dan UKM akan balik salurkan BPUM ke pelaku usaha micro.

Besaran bantuan sosial BPUM yang diterima tetap yaitu sejumlah Rp 1,2 juta per-pelaku usaha micro. Pencairan BPUM ini dilaksanakan sampai Desember 2021.

Itu daftar bantuan sosial yang akan cair di bulan November 2021. Mudah-mudahan Anda memperoleh bansos di atas.

 

Bansos PKH Cek Disini