BANSOS

Bulan Desember Kemensos Masih Akan Salurkan Bansos sembako BPNT Rp300 ribu

Bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu masih diteruskan s/d tahun akhir 2021 ini oleh Kemensos. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan sosial sembako Rp300 ribu akan disalurkan melalui Kartu Sembako.

Pemerintah menganggarkan Rp300 ribu nominal bantuan sosial sembako BPNT per penerima yang terbagi dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tercatat di cekbansos.kemensos.go.id mengambil sumber dari dana APBN.

Bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu seblumnya disalurkan dengan nominal Rp200 ribu per KPM dan jadi Rp300 ribu setelah memperoleh tambahan dari dana optimalisasi Kemensos satu diantaranya untuk pendistribusian bantuan sosial.

Dana optimalisasi Kemensos ini disepakati oleh DPR dan bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu akan disalurkan bulan November sampai akhir Desember 2021. KPM dapat cairkan bantuan dengan sembako melalui agen penyalur BPNT.

Daftar KPM penerima bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu bisa dilihat di link cekbansos.kemensos.go.id di komputer atau ponsel yang terhubung koneksi internet.

Berikut langkah cek daftar KPM Penerima bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu di link cekbansos.kemensos.go.id:

1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan nama Propinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai Kartu tanda penduduk (KTP).
3. Masukkan nama lengkap sesuai KTP.
4. Masukkan kode verifikasi yang tertera, dan pencet ‘refresh’ bila code yang ada kurang muncul.
5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Baca Juga  7 Bantuan Pemerintah yang Cair Desember 2021

Cara lain untuk cek daftar yang menerima bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu dengan melalui aplikasi tambahan yaitu program cek Bansos seperti berikut:

1. Buka aplikasi cek Bansos
2. Login memakai user ID yang telah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos, buat akun baru bila baru pertama kali membuat akun di aplikasi cek Bansos
3. Masukkan nama Propinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai Kartu Tanda Penduduk elekteonik (eKTP)
4. Masukkan nama lengkap sesuai eKTP
5. Masukkan kode verifikasi yang tertera, dan pencet ‘refresh’ bila kode yang ada kurang jelas
6. Pencet tombol ‘Cari Data’.

Jika data masyarakat tidak ditemukan sebagai yang menerima bansos sembako BPNT Rp300 ribu setelah lakukan cek di aplikasi cek Bansos dan link cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat dapat mendaftarkan dianya.

Cara mendaftarkan diri yang menerima bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu bisa dilakukan memakai aplikasi cek  Bansos yang sama dengan saat lakukan cek status bantuan. Cara cek, daftar, sampai sanggah bantuan dilaksanakan pada sebuah aplikasi cek Bansos.

Baca Juga  Cara Daftar Bantuan Pemerintah/ Bansos Desember 2021

Aplikasi cek bansos sebagai aplikasi buatan Kemensos untuk memberi layanan pada masyarakat dalam mencari informasi berkaitan bantuan sosial sembako BPNT Rp300 ribu atau bantuan sosial Kemensos yang lain.