hp awet

17 Cara Jitu Merawat Handphone Supaya Awet

Saat ini handphone tidak ubahnya seperti kebutuhan primer. Biasanya pemakaian HP dapat membuat rawan rusak apa lagi bila pemakaiannya terlampau diporsir dan sembarangan. Kerusakan handphone dapat berbentuk layarnya yang retak, boros battery, mekanisme operasinya yang mulai lelet, sampai kerap nge-hang saat dipakai. Untuk menahan hal tersebut tentu saja sangat penting untuk kita untuk ketahui langkah menjaga HP Android secara baik supaya tahan lama.

Disamping itu, tidak ada jaminan jika handphone bernilai mahal lebih tahan lama dibandingkan yang harga lebih murah. Tahan lama atau tidak sebuah perangkat electronic tentu saja sangat tergantung pada sang pengguna. Kadang kita perlu ketahui beragam rutinitas jelek yang membuat handphone jadi cepat rusak. Maksudnya agar jarang bergonta-ganti handphone karena penggunaan yang buruk.

Performa handphone akan turun seiring waktu berjalan ditambah lagi jika kerap dipakai untuk berbicara, bekerja, sampai bersosial media. Agar tahan lama, berikut langkah menjaga HP Android dan iPhone.

Cara Merawat Smartphone Supaya Awet

1. Gunakan Charger Original

Salah satunya dengan menggunakan charger original. Pasalnya menggunakan charger abal-abal atau KW yang kualitasnya di bawah standar dan belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai bisa merusak smartphone.

Baca Juga  Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

2. Bersihkan Debu yang Menempel di Smartphone

Bersihkan debu yang menempel di smartphone. Debu yang mengendap pada smartphone bisa membuat perangkat lebih mudah panas. Jadi kamu harus rutin membersihkan smartphone supaya kinerjanya tidak melambat.

3. Pilih Case Smartphone yang Sesuai

Aksesori smartphone yang asli sudah disesuaikan dengan bentuk serta spesifikasi HP sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Hanya saja penggunaan aksesoris bisa membuat HP lebih cepat panas. Jadi kamu harus pintar memilih aksesoris yakni yang bisa melepas panas.

4. Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Hindari penggunaan smartphone di ruang terbuka yang sangat panas bila kamu suka beraktivitas di luar ruangan. Suhu yang dianjurkan untuk menggunakan smartphone yakni 16 sampai 30 derajat celcius. Prosedur cara merawat HP tetap awet pada teks di boks smartphone biasanya juga merekomendasikan hal ini, supaya HP tidak terpapar langsung oleh matahari oleh api.

5. Isi Daya sesuai Kebutuhan

Mengisi daya sesuai kebutuhan, Jangan mengisi daya hingga 100 persen supaya baterai smartphone dapat bertahan lama. Mengapa demikian? Sebabnya, baterai smartphone berbahan lithium ion (Li-on) kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi.

6. Hapus Aplikasi Tidak Penting bila Performa Smartphone Menurun

HP Android sering mengalami slow response atau lambat dalam membuka aplikasi. Salah satu penyebabnya yakni ada beberapa aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar.

Solusinya bisa kamu lakukan dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan. Jadi jangan asal pasang aplikasi yang hanya memenuhi ruang penyimpanan saja.

7. Hindari Bermain Games Saat Sedang Mengisi Daya

Bermain games saat smartphone sedang diisi dayanya menjadi salah satu penyebab baterai cepat drop dan juga rusak. Baterai menjadi lebih mudah menggelembung bila beban daya terlalu besar saat sedang di-charge.

Baca Juga  Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apa Bisa?

8. Gunakan Screen Protector supaya Layar Awet

Salah satu cara merawat HP Android terutama layarnya yakni dengan menggunakan pelindung layar atau screen protector. Screen protector bisa menjaga layar sentuh smartphone terhindar dari goresan-goresan dan menyelamatkan layar LCD bila smartphone tidak sengaja jatuh.

9. Update atau Pembaruan Aplikasi dan Sistem Operasi (OS)

Kamu bisa memperbarui sistem operasi dan update aplikasi untuk menjaga smartphone berjalan lebih cepat. Pembaruan sistem atau aplikasi memberikan berbagai manfaat, mulai dari memperbaiki masalah keamanan, memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, sampai perubahan fitur-fitur baru.

10. Menggunakan Antivirus

Smartphone bisa terkena virus yang berasal dari aplikasi, pesan teks, atau lampiran email. Jadi kamu sebaiknya gunakan antivirus untuk mencegah masuknya virus atau malware ke smartphone. Cara merawat HP Android dengan benar ini yakni rutin membersihkan smartphone dengan antivirus minimal tiga hari sekali.

11. Matikan Smartphone saat Tidak Digunakan

Smartphone juga membutuhkan istirahat layaknya perangkat elektronik lainnya. Hardware smartphone akan terkuras bila sering digunakan terlebih bila diforsir. Untuk itu, cara agar HP awet lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan mematikan smartphone saat tidak digunakan. Hal ini akan membantu mendinginkan komponen penting pada smartphone, seperti RAM, prosesor, dan juga baterai.

12. Hindarkan dari Medan Magnet

Mungkin hanya sedikit yang tahu bahwa smartphone Android harus dihindarkan dari medan magnet. Sebabnya, medan magnet, air dan juga logam lainnya bisa merusak speaker. Speaker menjadi salah satu bagian dari smartphone yang amat penting, baik untuk mendengarkan musik dan maupun menelpon. Tanpa sadar kita kerap meletakkan smartphone di atas TV, radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya. Kebiasaan di atas bisa membuat smartphone kamu berumur pendek.

Baca Juga  7 Tips Mendapatkan Uang Dari Facebook

13. Jangan Mencharging saat Baterai 0%

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pengisian baterai saat 0% bisa membuat daya baterai cepat rusak. Sebabnya tegangan akan menjadi semakin bertambah sehingga baterai jadi tertekan. Baterai ponsel bisa bekerja baik dari kapasitas 30-80%. Jadi kamu bisa mencharge ketika kapasitas baterai di bawah 30%. Selain itu, jangan mengisi baterai sampai 100% karena tegangan tinggi akan menekan daya baterai dan memperpendek umur baterai.

14. Hindari Game Berat

Cara merawat HP Android dengan baik agar awet lainnya, menginstal game sesuai spesifikasi HP. Pasalnya game online memiliki ukuran yang relatif besar dan bila spesifikasi smartphone tidak menunjang, rentan terjadi hang.

15. Hindari Overheat

Overheat adalah kondisi saat smartphone dalam keadaan panas yang berlebih, biasanya karena penggunaannya yang berlebihan atau dalam jangka waktu lama. Kamu bisa menghentikan pemakaian bila sudah terjadi overheat sampai suhunya normal kembali. Bila perlu, matikan smartphone supaya proses pendinginan semakin cepat.

16. Merawat Software Android

Aplikasi atau software Android juga membutuhkan perhatian dari para pemakai smartphone Android. Pasalnya aplikasi menjadi sajian utama smartphone saat digunakan. Kamu bisa merawat software untuk mencegah HP menjadi lambat dengan cara berikut ini:

  • Memperhatikan RAM dan spesifikasi
  • Install aplikasi seperlunya dan hanya install aplikasi terpercaya saja
  • Jangan unduh aplikasi di luar Google Playstore karena berpotensi membawa malware dan jelas tidak aman
  • Install anti-virus yang mendapatkan rating bagus dan benar-benar berfungsi

17. Membersihkan Cache

Sering mengalami aplikasi yang tiba-tiba tidak merespons atau sering disebut dengan crash? Sebenarnya kamu tidak harus selalu menutup aplikasi itu secara paksa atau malah menghapusnya. Coba dulu menerapkan metode penghapusan cache. Langkah ini bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah umum yang muncul saat menjalankan aplikasi.