hp hilang

4 Langkah Mencari HP yang Hilang, Tanpa Aplikasi Tambahan

Segalanya dilakukan untuk membikin handphone Android jadi handphone yang kelihatan unik, menarik dan mempunyai daya tarik yang beda dari lainnya. Lantas bagaimana rasa-rasanya bila handphone Android kesukaan ini mendadak hilang, baik karena jatuh pada seatu tempat, dicuri atau masalah yang lain?

Tentu saja ini sebagai musibah yang teramat benar-benar memilukan. Dapat membuat pemilik merasa cemas dan selalu kepikiran. Sebetulnya, untuk memperhitungkan kehilangan handphone Android dapat dilakukan dengan memasang aplikasi tertentu yang sebagai langkah protektif yang nanti aplikasi itu memiliki manfaat untuk mencari keberadaan handphone saat handphone itu mendadak hilang. Tetapi sayang, tidak semua orang ketahui akan adanya aplikasi ini.

4 Cara lacak smartphone Android yang hilang

1. Menggunakan Device Manager

Android Device Manager merupakan fitur resmi yang disediakan oleh Google sebagai cara ampuh dalam melacak keberadaan ponsel Android yang hilang sebelum terinstal aplikasi khusus. Kabar baiknya lagi, biasanya fitur ini sudah tersedia dalam ponsel Android secara otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan penginstalan aplikasi tambahan.

Baca Juga  IMEI Tidak Valid? Untuk Menanganinya Lakukan 6 Cara Berikut!

Namun syarat lain yang harus terjadi adalah, ponsel Android Anda yang hilang harus dalam keadaan terhubung ke jaringan internet. Jika Android Anda tidak bisa dilacak, kemungkinan besar ponsel Android milik Anda yang hilang saat itu sedang offline

2. Menggunakan Android Lost

Cara ini merupakan cara preventif sebagai antisipasi kemungkinan ponsel Android Anda yang bisa hilang kapan saja. Lakukan instal aplikasi Android Lost pada perangkat Android tersebut. Android Lost memiliki fitur yang lebih baik jika dibandingkan dnegan ADM, sehingga tingkat keberhasilan melacak ponsel Android yang hilang lebih mudah ditemukan.

3. Menggunakan Plan B

Jika ponsel Android Anda yang hilang masih berjalan dengan menggunakan sistem operasi 2.0 sampai 2.3, maka dalam mengatasi ponsel Android Anda yang hilang bisa dengan menggunakan aplikasi Plan B ini. Cara menginstal aplikasi Plan B sama ketika Anda melakukan instalasi aplikasi Android Lost, namun bedanya di sini, Anda tidak perlu melakukan aktivasi.

Setelah aplikasi Plan B terinstal semprna, secara otomatis Anda akan mendapat informasi lokasi melalui Gmail dalam setiap 10 menit sekali. Namun jika Anda ingin mengetahuinya secara manual saja, bisa dilakukan dengan cara mengirim SMS dengan isi locate ke perangkat Android yang hilang tersebut.

Baca Juga  9 Aplikasi Edit Video Yang Wajib Ada Di Handphonemu 2021

4. Menggunakan Google Maps

Tidak seperti cara yang pertama sampai yang ketiga di atas, fitur history location yang ada di Google Maps sebenarnya tidak digunakan untuk melacak keberadaan ponsel Android Anda yang hilang. Namun dengan mengetahui riwayat perjalanan ponsel Android yang hilang tersebut, Anda dapat mengakali tentang keberadaan ponsel Android saat ini yang tengah hilang.