KAMERA HP

Cara Efektif Membersihkan Lensa Kamera yang Buram

Kehadiran camera pada suatu HP atau handphone dikatakan sebagai perkembangan paling cemerlang sepanjang abad ke 21 ini. Sayang, kadang camera itu kerap jadi blur hingga Anda perlu coba beberapa panduan langkah menangani camera HP buram.

Walau telah memakai handphone terbaru dengan kemampuan ambil gambar yang bagus, permasalahan blur pada camera tetap terjadi. Bahkan juga kadang blur bukan hanya dari camera belakang saja, tetapi camera sisi depan.

Penyebab Kamera HP Menjadi Buram

Untuk Anda yang memakai handphone type lama kemungkinan sudah tahu bila blur pada camera karena karena kualitas yang kurang mencukupi. Berlainan narasi dengan Anda yang mempunyai kualitas camera yang bagus tetapi gambar masih tetap blur.

Beberapa hal di bawah ini mungkin menjadi alasan kenapa kamera HP buram:

  • Kamera terkena kotoran yang agak sulit terlihat seperti minyak misalnya.
  • Kotoran dan debu yang biasanya datang dari tangan yang terlalu sering memegang lensa kamera pada ponsel.
  • Lensa terhalang dari cover glass/tempered glass yang biasanya menghalangi lensa sehingga tampak lebih buram.
  • Adanya malfungsi baik dari sisi aplikasi kamera Anda atau sistem operasi.
  • Lensa Kamera berembun.
  • Ada bekas goresan pada lensa kamera.
Baca Juga  Cara mudah tarik saldo DANA ke rekening Bank

Setelah anda sudah memastikan apa penyebabnya, kini anda sudah lebih tahu bagaimana cara untuk membersihkannya. Di bawah ini adalah beberapa cara bersihkan lensa kamera hp yang buram dan blur.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Buram Agar Jernih

Bila Anda alami permasalahan camera buram, janganlah lekas cemas karena ada beberapa cara simpel untuk menangani lensa camera yang buram. Terutama bila pemicu buramnya camera disebabkan karena debu atau kotoran pada lensa.

Langkah ini relatif tidak memerlukan banyak biaya hanya karena memerlukan beberapa alat simpel seperti kapas dan kain dengan tekstur lembut. Ingin tahu? Berikut 7 langkah bersihkan lensa camera buram dengan beberapa cara yang simpel.

1. Coba Bersihkan Lensa

Kamera yang buram kebanyakan disebabkan oleh lensa kamera yang kotor, kebanyakan berasal dari sidik jari yang terlalu sering bersentuhan dengan lensa. Hal ini karena debu pada jari relatif tidak terlihat, namun jika menempel di lensa akan sangat jelas terlihat dan membuat kamera blur.

Berikut cara membersihkan lensa kamera hp yang berdebu:

  1. Siapkan kapas terlebih dahulu, usahakan pilih kapas yang paling lembut.
  2. Gosokan kapas secara perlahan pada permukaan kamera HP.
  3. Nyalakan kembali kamera HP lalu coba untuk mengambil beberapa gambar.
  4. Pastikan apakah kamera sudah jernih kembali?
  5. Selesai.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat Fanspage Facebook yang Profesional

2. Menggunakan Pasta Gigi

Cara kedua untuk membersihkan lensa kamera adalah dengan menggunakan pasta gigi, kandungan yang ada dalam pasta gigi memang bisa berfungsi untuk mengangkat noda dan debu. Namun, usahakan untuk menggunakan pasta gigi sedikit mungkin.

  1. Oleskan pasta gigi ke sebuah cotton bud dengan takaran yang secukupnya.
  2. Arahkan Cotton Bud tersebut kepada lensa kamera secara perlahan dan searah jarum jam.
  3. Bersihkan sisa pasta gigi pada kamera dengan kapas hingga tidak ada cairan pasta yang tersisa.
  4. Terakhir, bersihkan sisa pasta gigi dengan tisu atau kapas.
  5. Selesai.

3. Menggunakan Hair Dryer

Kamera blur juga bisa disebabkan oleh lensa yang berembun, sehingga akan menghalangi kinerja kamera ketika akan mengambil foto. Embun pada lensa kamera biasanya berasal dari sisa-sisa apabila smartphone terkena air hujan.

Suhu panas yang dihasilkan dari hair dryer sendiri dapat membantu untuk menghilangkan embun pada lensa kamera. Kelebihan lain dari hair dryer adalah suhu panas yang bisa diatur, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan pada smartphone.

Berikut cara mengatasi kamera hp buram kena air embun:

  1. Matikan HP dan jika memungkinkan lepas semua pelindungnya.
  2. Gunakan suhu paling rendah dari hair dryer terlebih dahulu.
  3. Arahkan hair dryer tepat ke arah kamera dan berikan jarak beberapa meter.
  4. Gunakan lap lembut untuk membersihkan lensa kembali.
  5. Selesai.
Baca Juga  Cara Hapus Cache di Android Supaya Kembali Lancar

4. Ganti Casing HP

Casing atau pelindung HP juga bisa menyebabkan kamera atau lensa menjadi buram terlebih jika ada beberapa bekas goresan pada bagian pelindung HP. Efeknya upaya kamera untuk mengambil gambar akan menjadi terhalang.

Bagi Anda pengguna HP jadul mungkin bisa saja dengan mudah untuk mengganti casing yang sebelumnya telah tergores. Namun, untuk yang menggunakan smartphone keluaran terbaru mungkin agak susah untuk melakukan reparasi bodi.

5. Install Ulang Aplikasi Kamera

Bug juga bisa menjadi penyebab memungkinkan sebuah kamera menjadi buram, error ini bisa berasal dari aplikasi kamera atau sistem operasi smartphone. Guna mengatasi hal ini, pertama coba untuk me-restart smartphone terlebih dahulu.

Jika masih belum berhasil, Anda bisa mencoba untuk melakukan install ulang aplikasi melalui Playstore. Dari beberapa pengalaman juga menyebutkan jika terkadang aplikasi kamera tidak melakukan update otomatis sehingga menimbulkan bug kamera.

6. Mengganti Lensa HP

Opsi nomor 7 ini menjadi yang terakhir apabila memang cara-cara yang lain sudah tidak bisa bekerja. Kemungkinan besar lensa Anda mengalami kerusakan yang mengakibatkan adanya goresan, sehingga membuat kamera menjadi buram.