cache

5 Cara Membersihkan Cache di Aplikasi Android

Semua aplikasi, baik pada perangkat PC atau Android tentu saja mempunyai cache atau tembolok. Cache dapat disimpulkan sebagai area untuk menyimpan data sementara pada suatu aplikasi yang dipasang di handphone Anda.

Data yang diartikan di sini adalah data hasil kegiatan yang sempat Anda lakukan pada aplikasi itu. Buka aplikasi banyak sekali akan mengakibatkan data cache akan menimbun hingga dapat perlambat performa handphone.

Langkah terkini bersihkan cache aplikasi di Android dapat diaplikasikan untuk mengoptimasi performa handphone Anda.

Macam Metode Membersihkan Cache Aplikasi Android

Menggunakan Fitur pada Setting

Cara paling sederhana dan simple untuk menghapus cache suatu aplikasi di Android adalah melalui pengaturan. Anda hanya perlu menavigasikan pilihan menuju pengaturan. Kemudian pilih menu Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan bersihkan cache-nya. Setelah terbuka detil aplikasi tersebut, pilih “Bersihkan cache” atau “Clear Cache”. Tunggu beberapa saat dan cache dari aplikasi tersebut akan segera hilang.

Baca Juga  Cara mudah Top Up atau isi saldo Flip

Menghapus Semua cache pada Android Pada Menu Storage

Membersihkan cache, bisa menggunakan menu storage untuk menyingkat waktu pembersihan dan memberikan efektifitas waktu yang lebih baik. Anda bisa masuk menu Setting, kemudian memilih pilihan storage.

Kemudian system akan memindai penggunaan ruang penyimpanan secara keseluruhan. Pada hasil yang tampil, akan terdapat “Cached data” yang merupakan seluruh data cache yang terdapat pada smartphone Android Anda. Dengan melakukan tap pada bagian tersebut, maka cache pada Android Anda akan dihapus secara otomatis.

Menghapus Cache Menggunakan Cache Cleaner

Anda bisa menghapus cache dari beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus membuka detil aplikasi menggunakan menu setting pada aplikasi Android. Cache cleaner juga menyediakan pengingat ketika limit cache pada smartphone Anda telah dicapai.

In-App Cache Cleaning

In-App cache cleaning disematkan pada aplikasi browser. Anda bisa mengaksesnya melaui setting pada Aplikasi, pilih opsi privacy, kemudian pilih clear browsing data. Sementara pada firefox, Anda bisa memilih apa-apa saja yang ingin dihapus.

Baca Juga  Cara Mudah Aktifkan Javascript di Ponsel

Clean Master

Clean Master di sini sangat pas digunakan untuk membersihkan segala file sampah (file residu dari aplikasi yang telah di-uninstall dan iklan). Clean Master menyediakan fitur pembersihan semua cache yang ada di smartphone Anda.